Minggu, 23 September 2012

OPTICAL DISK DRIVE (CD/DVD ROM)


Dalam komputasi, sebuah optical disc drive (ODD) adalah sebuah disk drive yang menggunakan laser cahaya atau gelombang elektromagnetik di dekat spektrum cahayasebagai bagian dari proses membaca atau menulis data ke atau dari cakram optik. Beberapa drive hanya dapat membaca dari disk, tapi drive terbaru yang umumnya baik pembaca danperekam. Perekam kadang-kadang disebut pembakar atau penulis. Compact disc, DVD, HD DVD dan Blu-ray adalah umum optik jenis media yang dapat dibaca dan direkam oleh drive tersebut.

Optical disk drive adalah bagian integral dari konsumen yang berdiri sendiri peralatan sepertiCD players, pemutar DVD dan DVD recorder. Mereka juga sangat umum digunakan pada perangkat lunak komputer untuk membaca dan konsumen media yang didistribusikan dalam bentuk CD, dan untuk merekam cakram untuk arsip dan pertukaran data. Optical drive-bersama memori flash-sebagian besar telah mengungsi floppy disk drive dan tape drive magnetik untuk tujuan ini karena biaya rendah dan media optik yang nyaris di mana-mana optical drive di komputer dan perangkat keras konsumen hiburan.
Disc rekaman umumnya terbatas pada skala kecil cadangan dan distribusi, menjadi lebih lambat dan lebih mahal material per unit daripada proses pencetakan yang digunakan untuk produksi massal menekan cakram.
Bagian terpenting dari sebuah optical disc drive adalah jalur optik, ditempatkan dalam sebuahpickup kepala (Puh), [1] biasanya terdiri dari semikonduktor laser, sebuah lensa untuk mengarahkan sinar laser, dan photodiodes mendeteksi pantulan cahaya dari permukaan disk.
Awalnya, CD laser dengan panjang gelombang 780 nm yang dipakai, berada dalam jangkauan inframerah. Untuk DVD, panjang gelombang berkurang menjadi 650 nm (warna merah), dan panjang gelombang untuk Blu-Ray Disc berkurang menjadi 405 nm (warna ungu).
Dua servomechanisms digunakan, yang pertama untuk menjaga jarak yang tepat antara lensa dan cakram, dan menjamin sinar laser terfokus pada laser kecil tempat pada disk. Bergerak servo kedua kepala sepanjang jari-jari disc, menjaga balok pada alur, spiral data yang terus-menerus jalan.
Pada media yang hanya baca (ROM), selama proses pembuatan alur, terbuat dari lubang-lubang,ditekan pada permukaan yang rata, yang disebut tanah. Karena kedalaman lubang sekitar satu seperempat ke satu-enam dari panjang gelombang laser itu, berkas yang dipantulkan’s fase dialihkan dalam kaitannya dengan membaca berkas yang masuk, menyebabkan saling destruktif gangguan dan mengurangi sinar yang dipantulkan’s intensitas. Ini terdeteksi oleh photodiodes bahwa output sinyal-sinyal listrik.
Sebuah perekam encode (atau luka bakar) data ke sebuah recordable CD-R, DVD-R, DVD + R,atau BD-R disc (disebut kosong) oleh pemanasan selektif bagian dari suatu organik pewarnalapisan dengan laser. Hal ini akan mengubah pantulan dari pewarna, sehingga menciptakan tanda yang bisa dibaca seperti lubang-lubang dan mendarat di menekan disc. Untuk recordable disc, proses adalah permanen dan media dapat ditulis ke hanya sekali. Sementara membaca laser biasanya tidak lebih kuat dari 5 mW, tulisan laser yang jauh lebih kuat. Menulis Semakin tinggi kecepatan, semakin sedikit waktu laser harus panas titik pada media, sehingga kekuatannya telah meningkat secara proporsional. DVD burner’s laser sering puncak pada sekitar 100 mW dalam gelombang terus-menerus, dan 225 mW berdenyut.
Untuk ditulis ulang CD-RW, DVD-RW, DVD + RW, DVD-RAM, atau BD-RE media, laser digunakan untuk melelehkan kristal logam paduan dalam lapisan perekaman disc. Tergantung pada jumlah kekuasaan diterapkan, substansi mungkin diperbolehkan untuk mencairkan kembali (mengubah fase kembali) ke dalam bentuk kristalin atau kiri dalam sebuah amorf formulir, tanda memungkinkan berbagai pemantulan dibuat.
Double-sided media yang dapat digunakan, tetapi mereka tidak mudah diakses dengan standar drive, karena mereka harus diserahkan secara fisik untuk mengakses data pada sisi lain.
Double layer (DL) media memiliki dua lapisan data independen dipisahkan oleh semi-lapisan reflektif. Kedua lapisan dapat diakses dari sisi yang sama, tetapi memerlukan optik untuk mengubah fokus laser. Tradisional single layer (SL) dapat ditulis media diproduksi dengan alur spiral dibentuk dalam lapisan polikarbonat pelindung (tidak dalam lapisan perekaman data), untuk memimpin dan melakukan sinkronisasi kecepatan perekaman kepala. Double-layered media dapat ditulis: yang pertama dengan sebuah lapisan polikarbonat (dangkal) alur, lapisan data pertama, semi-reflektif lapisan kedua (spacer) lapisan polikarbonat dengan orang lain (dalam) alur, dan lapisan data kedua. Alur spiral yang pertama biasanya dimulai pada tepi bagian dalam dan meluas ke luar, sementara alur kedua dimulai pada tepi luar dan meluas ke dalam.
Beberapa dukungan drive Hewlett-Packard ’s LightScribe photothermal teknologi cetak dilapisi khusus untuk pelabelan cakram.
\ PERMASALAHAN YANG SERING TERJADI PADA OPTICAL DRIVE
DAN SOLUSINYA
Masalah Pada CD/DVD/ROM/RW Tidak terdeteksi di windows
Gejala : Jika pada CD/ DVD/ ROM/ RW tidak terdeteksi di windows ?
Solusi : Periksa kabel data dan kabel tegangan yang masuk ke CD-floppy, perikas di setup bios apakah sudah dideteksi? sebaiknya di set auto. Periksa apakah led menyala, jika tidak kerusakan di Controllernya.
Masalah Pada CD/DVD/ROM/RW yang tidak bias keluar masuk CD
Gejala : Jika pada CD/ DVD/ ROM / RW Tidak bisa keluar masuk CD.Apa Solusinya ?
Solusi : Kerusakan ada pada mekanik motor atau karet motor. Cobalah bawa keahlinya .
Masalah pada CD/ DVD / ROM/ RW Tidak bisa membaca/menulis/hanya bisa membaca saja. (CD).
Gejala : Tidak bisa membaca/menulis/hanya bisa membaca saja. (CD)
Solusi Kerusakan biasanya pada optik, tetapi ada kemungkinan masih bisa diperbaiki dengan cara men-set ualng optik tersebut.
Masalah pada CD/ DVD / ROM/ RW Tidak bisa membaca/menulis/write protect (Floppy disk).
Gejala : Tidak bisa membaca/menulis/write protect (Floppy disk)
Solusi : Head kotor, bisa dibersihkan menggunakan Cutenbub

Tidak ada komentar:

Posting Komentar